.showpageArea a { text-decoration:underline; } .showpageNum a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageNum a:hover { border: 1px solid #cccccc; background-color:#cccccc; } .showpagePoint { color:#333; text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; background: #cccccc; margin:0 3px; padding:3px; } .showpageOf { text-decoration:none; padding:3px; margin: 0 3px 0 0; } .showpage a { text-decoration:none; border: 1px solid #cccccc; padding:3px; } .showpage a:hover { text-decoration:none; } .showpageNum a:link,.showpage a:link { text-decoration:none; color:#333333; }

Jumat, 17 Januari 2014

GOA MARGO TRISNO

Goa margo trisno merupakan salah satu tempat wisata populer di Kabupaten Nganjuk. Tempat ini menyuguhkan pemandangan yang masih sangat alami, dimana lokasi gua ini berada ditengah hutan yang masih sangat terjaga keasrianya. goa ini teletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk. Goa ini sangat ramai pada hari libur sedangkan pada hari-hari biasa jumlah pengunjung relatif sedikit. Banyak pengunjung yang datang karena penasaran, atau ingin menikmati panorama alami yang disajikan mengingat diasana udaranya sangat sejuk dan nyaman selain itu banyak juga pengunjung yang memiliki tujuan tertentu seperti ingin bersemedi, mencari ketenangan jiwa ataupun mendapatkan kebahagaanya kembali mengenai rumah tangga maupun cinta kasihnya.
  • Letak geografis dan akses menuju lokasi                                                                                       Gua Marga Tresno terletak di Desa Sugihwaras Kecamatan Ngluyu sekitar 35 Km arah utara dari pusat kota Nganjuk. Untuk mencapai lokasi jika dicapai dengan kendaraan umum bisa dicapai dengan angkutan umum colt sampai ke pasar Ngondang untuk perjalanan berikutnya bisa dilanjutkan dengan naik ojek. Tapi pada umumnya para pengunjung menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobul karena mengingat lokasinya lumayan jauh dari keramaian. Jalan menuju lokasi joga sudah teraspal mulus sehingga ini memudahkan pengunjung untuk mencapai lokasi.
  • Biaya retribusi                                                                                                                                    Untuk retribusinya pada hari libur kita harusmembayar Rp.6000 per orang, untuk parkir Rp.2000 per kendaraan, untuk  masuk ke Lokasi gua Rp.2000 per orang dan ketika masuk kolam renang sudah pasti kita harus membayar lagi. Tetapi untuk hari biasa saya yakin biaya tersebut pasti diturunkan.
bagian dalam goa
  • Keadaan Goa Margo Trisno dan fasilitas yang tersedia  
     
    Dari pintu masuk tempat wisata untuk menuju lokasi gua kita masih harus berjalan mendaki anak tangga memasuki hutan sejauh kurang lebih 650m dan di samping kanan kiri anak tangga tersebut masih merupakan hutan Alami yang ditumbuhi pohon-pohon besar dan sulurnya yang sepertinya telah berumur ratusan tahun.Sedangkan Kondisi guanya sendiri  Cukup memadai untuk dimasuki, pada jalur yang telah dibuka untuk masyarakat umum sudah dilengkapi anak tangga. Namun untuk jalur yang masih tertutp terdapat bau kotoran kelelawar yang sangat menyengat, selain itu juga anda akan mendengar bunyi-bunyi kelelawar.   Adapun fasilitas di sana cukup lengkap dimulai dari lahan parkir yang luas, mushola, kamar mandi, dan kolam renang Argo mulyo  yang menngunakan sumber  air alami.                                                                                              
  • Legenda Goa Margo Trisno
    Mitos atau legenda yang hidup di masing-masing kawasan di sekitar wilayah Ngluyu, pada dasarnya tidak bisa dilepas-kan dari daya linuwih yang dimiliki oleh para tokoh yang berada dan bertempat di wilayah tersebut. Menurut pemaparan dari Bapak Sarjito (51) Juru Kunci gua, pada masa perang Pajang, kawasan Gua Margo Tresno – Umbul Argomulyo (dulu disebut Ubalan) merupakan tempat persembunyian dan berada di bawah pengamanan pung-gowo yang bernama Tlimah. Seorang punggowo yang paling muda yang dikenal jagoan dan memiliki kesaktian dengan tugas utama untuk menjaga, menahan, menolak, memerangi dan melindungi dari segenap ancaman dan marabahaya agar tetap tercipta kehidupan yang aman dan damai dalam kehidupan sehari-hari. Berkat sawab linuwih yang dimiliki punggowo Tlimah ini, Guo Margo Tresno – Umbul Argomulyo ini kemudian tumbuh dan hidup sebuah kepercayaan bahwa kawasan ini merupakan kawasan yang sangat manjur dan paling tepat untuk melakukan kegiatan “lamun-lamun”. Terutama untuk kegiatan olah rasa dan olah pikir. Mulai mencari inspirasi, mencerahkan hati, niat, pikiran, dan membangun kembali ikatan kebahagiaan, serta kedamaian hati. Ter-masuk dalam urusan cinta kasih dan kebahagiaan hidup berumah tangga. Oleh karena itu dikawasan ini hidup pula sebuah mitos : “ bahwa kalau bahtera kehidupan rumah tangga rusak atau dirusak orang, apabila datang dan berdoa di kawasan Guo Margo Tresno – Umbul Argomulyo, maka doa mereka akan mudah terkabul”.
    Mitos tersebut diperkuat dengan sebuah legenda kehidupan keluarga seorang petani yang memiliki anak bernama Djoko Drono, dengan kisah cerita seperti dituliskan kembali oleh R. Soewondo (1997) sebagai berikut : Konon kata sahibul hikayat pada zaman dulu didesa Sugihwaras Ngluyu ada seorang petani bernama Kertojoyo yang hidup rukun dengan istrinya bernama Dinem. Di desa ini Kertojoyo terkenal sebagai petani yang rajin, tekun, sederhana dan jujur. Diceritakan, Kertojoyo mempunyai anak laki-laki semata wayang berwajah tampan diberi nama Joko Drono. Konon ketika Joko Drono menginjak dewasa, Kertojoyo dan istrinya berkeinginan agar anaknya segera mempunyai istri. Pada suatu hari , Kertojoyo memanggil Joko Drono. Kepada anaknya Kertojoyo berkata : “Joko Drono anakku yang kusayangi, bapak dan embokmu akan senang dan berbahagia bila engkau segera punya istri, bapak dan embokmu berharap segera momong cucu.
    Karena itu bapak dan embokmu berharap engkau dapat mengerti dan menuruti keinginan bapak dan embokmu.” Joko Drono dengan jujur menjawab : “Bapak dan embok, saya rasa harapan ayah dan embok itu bagi saya adalah seperti peribahasa pucuk dicinta ulam tiba. Sebenarnya sudah agak lama saya akan memberitahu bapak dan embok, tetapi saya malu dan takut. Oleh karena bapak dan embok telah membuka jalan, terus terang memang saya sudah ingin punya istri dan sudah punya pilihan yaitu Yuwati anak paklik ( paman ) Marto di Desa Gampeng. Bapak dan embok juga sudah kenal dengan paklik Marto. Saya ingin segera beristri, tetapi pilihan saya hanya satu yaitu Yuwati.” Mendengar jawaban anaknya tersebut, Kertojoyo dan Dinem sangat senang dan setuju mempunyai calon menantu Yuwati yang cukup cantik.
    Pada suatu hari Kertojoyo dan istrinya datang ke rumah Marto di Desa Gampeng untuk melamar Yuwati. Antara Kertojoyo dan Marto tercapai kata sepakat dan selanjutnya tinggal menentukan hari yang baik untuk pernikahan Joko Drono dan Yuwati. Diceritakan pada hari yang baik telah ditentukan Marto untuk mengadakan perhelatan pernikahan anak-nya yaitu Yuwati dan Joko Drono. Upacara pernikahan berlangsung lancar tanpa halangan apapun.
    Konon dikisahkan perkawainan Joko Drono dengan Yuwati tidak mem-bawa kebahagiaan. Karena antara Joko Drono dan istrinya tidak dapat rukun sebagaimana yang diharapkan. Bahkan Joko Drono meskipun sudah menjadi suami Yuwati, namun tidak hidup serumah dengan Yuwati dan tetap tinggal di rumah orang tuanya. Sedangkan Yuwati juga tetap berada di rumah orang tuanya sendiri. Melihat kenyataan ini, baik orang tua Yuwati maupun orang tua Joko Drono sangat sedih. Hari kehari, bulan kebulan keadaan tidak berubah. Joko Drono dan Yuwati tetap belum dapat rukun. Karena itu Kertojoyo berusaha mencari pertolong-an kepada orang-orang pintar, antara lain ke Tuban, Bojonegoro, dan Jombang. Namun, semuanya tidak membuahkan hasil. Joko Drono sebenarnya sangat sedih dan malu, karena apa yang dicita-citakan ternyata tidak terwujud. Namun dibalik itu dengan penuh ke-sabaran, ia tetap menanti dan menanti sampai kapanpun. Bahkan ia bersumpah lebih baik mati daripada hidup tanpa Yuwati. Karena itu siang malam ia selalu memohon kepada Tuhan agar cita-citanya terkabul. Tersebut dalam cerita, pada suatu hari ketika perkawinannya dengan Yuwati genap 1 tahun, Joko Drono pamit kepada orang tuanya pergi ketengah hutan dengan maksud bersemedi secara penuh, mohon kepada Tuhan. Menjelang Subuh ketika Joko Drono telah tiga hari tiga malam bersemedi di tengah hutan, ia menerima wisik bahwa perkawinannya akan mendapatkan kebahagiaan bila ia dan Yuwati bersama-sama mau masuk ke sebuah goa yang ada di Desa Sugihwaras dengan syarat memilih hari yang baik dan dilaksanakan pada pagi hari sebelum jam 10.00.
    Dikisahkan setelah mendapatkan wisik tesebut, Joko Drono segera pulang dan menceritakan kepada orang tuanya. Setelah Kertojoyo dan istrinya mendengar cerita anaknya, hatinya senang dan segera menghubungi besannya (Marto). Singkat-nya kedua belah pihak setuju dan diputus-kan akan dilaksanakn pada Hari Jum’at Kliwon. Pada hari yang telah menjadi kesepakatan tersebut, Joko Drono dan Yuwati dengan pakaian pengantin diantar oleh orang tuanya disertai sanak keluarga bersama-sama pergi ke goa. Setelah tiba di Goa , Joko Drono dan Yuwati bersama-sama masuk, sedang yang lain menunggu diluar.
    Beberapa saat kemudian Joko Drono dan Yuwati keluar dari goa. Sungguh suatu keajaiban tidak seperti sebelumnya Joko Drono dan Yuwati ber-gandengan tangan dengan mesra, wajah tampak berseri-seri dan selalu tersenyum. Menyaksikan Joko Drono dan Yuwati yang tampak rukun dan mesra itu, semua yang menunggu di luar goa sangat heran. Orangtua Joko Drono dan orangtua Yuwati sangat gembira dan bersyukur. Selanjutnya pasangan tersebut segera diantar pulang ke rumah Marto. Pada malam harinya sebagai ungkapan rasa syukur, Marto mengadakan pementasan Seni Tayub. Kertojoyo dan istri juga hadir disamping undangan tamu-tamu lainnya. Konon diceritakan sejak saat itu Joko Drono dan Yuwati menjadi pasangan suami istri yang serasi, rukun dan bahagia. Dan sejak saat itu pula masyara-kat Sugihwaras percaya bahwa atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa, goa yang ada di Desa Sugihwaras itu membawa berkah kerukunan dan kecintaan bagi pengantin yang tidak dapat rukun. Karena itu masya-rakat memberi nama goa tersebut” Margo Tresno”. Artinya , goa yang memberi jalan terpadunya cinta kasih.

1 komentar:



  1. Cctv, alarm, pabx, listrik panel, AC, nursecall. hub no 082231562589
    .
    .
    .

    kami melayani jasa jasa pasang dan perbaikan..
    1. CCTV bisa dipantau dg hp.
    2. AC pendingin ruangan.
    3. bel panggil perawat atau pegawai.
    4. ALARM kebakaran dan pencurian di gedung.
    5. PABX telephone lokal.
    6. Panel listrik dan instalasi.
    7. design alat sesuai kebutuhan.
    8. bel jam otomatis.
    9. alat elektronik mesincuci dll
    10. Speaker gedung.
    11. Nurse call.
    12. Data Internet jaringan komputer.

    untuk info lebih lanjut mohon hub...

    0822 315 625 89



    Www.jasaturen.blogspot.com

    .
    .
    .
    Pasang pabx di kediri, service pabx di kediri, jasa pabx di kediri, setting pabx di kediri, telepon mati, dering telepon, telepon tidak berdering, service telepon di kediri, malang, di blitar, di tulungagung, madiun, nganjuk, kediri,blitar,trenggalek, jombang, bojonegoro, tukang ac di, jasa ac, service ac, cctv, mesin, mesin elektronik, kepanjen, pasang cctv, perbaikan cctv, pasang ac, cctv, pemasangan, nurse call
    jasaturen.blogspot.co.id
    .
    jasaturen.blogspot.com
    .
    .
    jasaturen.blogspot.com
    .
    .
    jasaturen.blogspot.com
    .
    .
    jasaturen.blogspot.com.
    .

    www.jasacctvturen.blogspot.co.id.
    .
    www.kelistrikann.blogspot.co.id
    .

    . www.jasapabxtelephone.blogspot.co.id
    .
    www.acturen.blogspot.co.id
    .

    https://nursecallsystemanalog.blogspot.com

    BalasHapus